Tasmania #5: Launceston dan Freycinet National Park

Semalam menginap di Launceston setelah seharian berkelana di sekitaran Dove Lake dan Cradle Mountain, pagi harinya kami check out, mengemasi barang-barang dan pergi ke salah satu tujuan wisata utama di Launceston: Cataract Gorge. Cataract Gorge adalah sebuah sungai besar yang berada tidak jauh dari pusat kota Launceston. Kenapa tempat ini disebut sebagai Cataract Gorge? Karena dari atas jembatan yang menyeberangi sungai, tampak buih-buih berwarna putih yang berasal dari aliran sungai dan sekilas tampak seperti keruhnya mata yang terkena penyakit katarak.

Selain bisa melihat sungai besar ini, pengunjung yang datang juga bisa bersantai bersama keluarga untuk melakukan banyak kegiatan lain selain tracking atau berjalan kaki menyusuri jalur pejalan kaki yang sudah disediakan. Ada sebuah kolam renang di dekat pintu masuk. Dengan mengikuti jalur yang sudah disediakan, kita bisa berjalan menuju jembatan yang melintang di atas sungai, sehingga kita bisa menikmati panorama yang indah dari atas. Sungai mengalir dengan bongkahan bebatuan besar yang berada di tepiannya.

Selain itu, ada sebuah taman yang disediakan bagi pengunjung untuk sekadar beristirahat dan duduk-duduk di atas rumput sambil bercengkrama bersama keluarga. Beberapa patung, pancuran, dan gazebo menghiasi taman ini. Taman ini sudah dibangun sejak akhir tahun 1800-an dan sebelumnya berisi ayunan, jungkat-jungkit, dan maypoles, digunakan sebagai sarana rekreasi penduduk Launceston di jaman Victoria. Pertunjukan musik kadang-kadang dilakukan pada sore hari, dan minuman penyegar dihidangkan di tenda di sampingnya.

Yang membuat suasana makin semarak, kita juga bisa melihat burung merak berkeliaran bebas dari jarak dekat. Apabila beruntung, kita bisa melihat burung merak ini memamerkan keindahannya dengan membentangkan bulu-bulu ekornya yang indah dan berwarna-warni. Di sini juga saya baru tahu kalau ternyata burung merak itu bisa bertengger di dahan pohon yang tinggi lho…

Sekitar tengah hari kami mengakhiri kunjungan di Cataract Gorge dan meluncur ke arah tenggara menuju Freycinet National Park. Atraksi yang bisa ditemukan di taman nasional ini adalah Wineglass Bay yang terletak di sisi timur pulau Tasman. Wineglass Bay bisa dibilang merupakan salah satu ikon dari pulau Tasmania.

Mengapa teluk ini dinamai wineglass masih belum jelas. Ada yang berpendapat bahwa bentuknya yang melengkung seperti gelas anggur menjadi alasan pemberian nama ini, sementara ada juga yang mengatakan nama wineglass diberikan karena air di teluk ini berwarna sangat jernih kebiruan seperti gelas. Teori lain yang cukup menyeramkan adalah dahulu lautan di teluk ini berwarna merah serupa anggur merah, karena menjadi tempat pembantaian ikan paus.

Beruntung pembantaian ikan paus sudah dihentikan menjelang pergantian abad ke-20, dan kini taman nasional Freycinet menjadi cagar yang dijaga keaslian alamnya, dan juga dijadikan habitat berbagai spesies hewan dan tumbuhan.

Untuk melihat keindahan Wineglass Bay, pengunjung harus berjalan mendaki bukit selama sekitar setengah jam menuju lookout site sehingga teluk kebiruan setengah lingkaran dengan pasir putih ini tampak dari atas bukit. Kalau masih kurang puas, kita bisa berjalan menuruni tebing untuk menuju teluk dan bermain-main di pasirnya yang putih sambil menikmati semilir angin. Perlu waktu sekitar satu jam perjalanan bolak balik dari lookout site menuju teluk Wineglass menuruni dan mendaki bukit yang cukup terjal.

Sebelum gelap mulai merayap, kami harus meninggalkan Freycinet untuk kembali ke Hobart sebelum tengah malam.

Advertisements

7 Comments

    1. Nggak cukup sehari buat jalan-jalan di sini Mbak Nella.
      Itu bukan kanguru tapi wallaby, bentuknya mirip banget tapi ukuran badannya jauh lebih kecil. Kanguru liar sih lumayan bahaya untuk didekati dan dipegang, tapi di sana banyak kebun binatang atau sanctuary dimana kita bisa memberi makan dan berfoto bersama kanguru atau koala.

      Like

Got something to say?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s