Stand Up Comedy: Trevor Noah

Selain pertunjukan teater, stand-up comedy show merupakan salah satu hiburan yang cukup populer di Melbourne. Kalau saya melihat-lihat situs pariwisata Melbourne, pertunjukan komedi hampir selalu menjadi salah satu attraction yang ditawarkan bagi pengunjung. Ada puluhan comedy club bertebaran di kota ini, dan setiap tahun ajang Melbourne Comedy Festival dilangsungkan dan menampilkan dua puluhan comic dari berbagai belahan dunia dalam satu pertunjukan.

Setelah menonton video Melbourne Comedy Festival 2014 dari YouTube, saya jadi tahu ada comic bernama Trevor Noah yang seketika menarik hati dengan leluconnya tentang rasisme. Beberapa video pendek Trevor Noah kemudian, saya jadi makin ngefans. Rasanya seperti takdir saat awal Oktober lalu saya membaca kabar kalau Noah mengadakan pertunjukan di Melbourne. Yang ada dalam pikiran saat itu adalah “pokoknya saya harus nonton”, nggak peduli kalau di minggu yang sama ada 3 deadline menanti. Hiks…

Noah berasal dari Afrika Selatan dan memiliki latar belakang keluarga campuran. Ibunya wanita Afrika asli sedangkan ayahnya berdarah Swiss-Jerman. Topik-topik seputar rasisme, beranjak dewasa sebagai blasteran dengan berbagai kesulitan yang dialaminya adalah bahan utama joke Noah, meskipun tidak jarang dia mengangkat topik seputar carut marut pemerintahan dan politik di Afrika Selatan serta masalah sosial di negaranya. Salah satu trademark Noah yang lain adalah kebolehannya menirukan berbagai aksen dunia dan gaya berbicara tokoh-tokoh dunia seperti Barrack Obama, Jacob Zuma presiden Afrika Selatan atau almarhum Nelson Mandela.

Sukses di negaranya sebagai comedian dan sudah beberapa kali melakukan one man comedy show, pada tahun 2012 dia terbang ke Amerika Serikat dan sempat diundang di acara the Tonight’s Show. Pada tahun 2013 Noah tampil di acara David Letterman dan mengadakan pertunjukan tunggal berlabel African American. Tahun 2014 Noah menginjakkan kaki di Australia dan tampil di Melbourne Comedy Festival. Tampaknya publik jatuh hati pada comic yang satu ini hingga di bulan Oktober, Noah berkunjung lagi ke Australia untuk melakukan tour di Perth, Southbank dan Melbourne, dilanjutkan dengan pertunjukan di beberapa kota di Selandia Baru.

Baru pertama kali ini saya menonton stand-up comedy secara langsung. Pertunjukan tunggal ini berlangsung selama satu setengah jam di Melbourne Comedy Theatre. Seperti biasa, tidak boleh ada yang merekam video, suara, bahkan mengambil gambar selama berada di dalam teater. Saya pingin menceritakan beberapa lawakannya di postingan ini tapi pasti malah jadi nggak lucu lagi, jadi saya sisipkan saja beberapa video pendek dari youtube yaaa…

Advertisements

7 Comments

  1. dirimu sungguh bikin irii O. Hahahaha. *manusia penuh iridengki
    Ish penapsaran bener gimana itu kalo nonton langsung. Dari videonya dah suka O. Hihihi

    Like

Got something to say?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s