Kangen

Sudah lebih dari 10 hari Ramadhan berjalan, bagaimana puasanya?

Pertama kalinya saya menjalani bulan puasa jauh dari rumah adalah tahun 2008 silam ketika bekerja di Jakarta, dan ternyata tahun-tahun berikutnya keadaan itu masih berlanjut. Berhubung keluarga saya nggak punya tradisi khusus saat Ramadhan saya nggak terlalu kaget apalagi yang menjurus ke arah depresi lantaran harus melewatkan itu semua; ditambah lagi saya beruntung punya teman-teman yang sangat kompak dan seru sehingga nggak ada ceritanya kesepian karena jauh dari keluarga. Ditambah lagi, saya nggak pernah absen ngambil cuti hari raya, jadi pasti bisa merasakan paling nggak barang sehari dua puasa di rumah, tarawih di masjid, roadtrip ke Banyuwangi dan sholat ied di jalan–pokoknya Lebaran di kampung halaman.

Tahun ini untuk pertama kalinya saya melewati bulan puasa di negeri orang. Nggak terlalu ada yang berbeda sih–mentally speaking. Banyak enaknya malah ketimbang nggak enaknya; sebagai contoh, karena sekarang di sini sedang musim dingin, durasi puasa cuma sekitar 11 jam setiap harinya dan nggak sampe menderita kehausan karena dilanda hawa panas. Meskipun nggak bisa mendengar suara bedug dan adzan, sudah ada aplikasi hape buat mengingatkan. Untungnya lagi, kuliah belum dimulai jadi nggak sampe kliyengan karena kebanjiran materi tapi perut keroncongan.

Secara umum puasa di sini seru kok, musholla kampus nyediain iftar, banyak makanan enak yang bisa dibawa pulang dari konsumsi training, pun bahan makanan dan bumbu masakan Indonesia nggak terlalu susah didapat–ini kenapa yang dibahas urusan perut aja ya? hehehe…

Tapi saya kangen. Kangen dengan teman-teman yang selalu meluangkan waktu untuk bikin acara buka puasa bersama sepulang kerja, kangen serunya hunting tiket lebaran, kangen pada euforia menjelang cuti lebaran, kangen dengan sholat maghrib bersama ibuk bapak dan adik saya (mewek), kangen bantuin ibuk bikin kue atau sekadar belanja kebutuhan hari raya.

Anyways, ini tangal 9 ya? Selamat nyoblos buat rekan-rekan di tanah air, semoga orang yang tepat lah yang menjadi pimpinan kita kelak.

22 Comments

  1. lagi di mana mbak? yang lagi musim dingin di bagian selatan, kalo ga australia, new zealand..
    enak ya puasa di musim dingin, aku jg pernah, tahun lalu puasa di negara orang pas winter hampir sebulan, ga kerasa..

    Like

      1. wah asik dong, aku dulu sahur ga pernah makan, cuma minum aja jam 5 subuh haha..
        di oz bagian mana? brisbane, sydney, melbourne, adelaide, canberra, darwin, perth?

        Like

      2. Aku ga kuat ngantuknya kalo bangun buat sahur, di kelas yg ada nguap mulu haha
        Aku dulu di Brisbane, belom pernah ke Melbourne, kalo aku ke Melbourne kopdaran yux haha

        Like

Got something to say?

