John Grisham, Tidak Melulu Bicara Hukum

image taken from www.goodreads.com
image taken from http://www.goodreads.com

Apakah anda salah satu penggemar karya John Grisham? Bagi para pembaca setia novelnya, pasti sudah tidak asing lagi dengan The Firm atau The Client. Genre legal thriller ini menjadi ciri khas novel-novel yang ditulis oleh penulis ini, tidak heran karena sebelumnya Grisham berprofesi sebagai pengacara.

Saya sendiri mulai membaca novel-novel Grisham baru-baru ini, setelah membaca salah satunya yang berjudul A Painted House. Buku yang diobral dengan harga 15ribu, ditulis oleh penulis ternama, jelas sangat menarik perhatian saya waktu itu. A Painted House menceritakan kehidupan para petani kapas di Arkansas di tahun 1950an dari kacamata seorang anak laki-laki berusia (kalau nggak salah) 10 tahun bernama Luke Chandler. Kisah berkisar pada keluarga Chandler yang bersiap memasuki musim panen dan mereka harus mencari banyak pekerja lepas untuk menjadi tenaga pemanen. Banyak hal mereka alami dalam musim panen ini hingga akhirnya banjir melanda tanah pertanian mereka. Diwarnai dengan kesulitan perekonomian dan perjuangan untuk lepas dari belitan hutang, kehidupan yang sederhana di kawasan pedesaan di selatan Amerika, interaksi dengan para pekerja migran, kondisi sosial saat itu dan skandal kota kecil, banyak sekali hal yang disajikan dalam A Painted House. Saya jadi heran, bagaimana bisa buku sebagus ini sampai masuk ke keranjang obral ya? Tapi saya bersyukur sih, kalau nggak begitu mungkin saya nggak mau beli bakal melewatkan kesempatan untuk lebih mengenal John Grisham. Hihihihihi… Dan by the way, A Painted House juga sudah difilmkan pada tahun 2003.

ford county
ford county

Setelah The Client, The Firm, dan The Summons, novel Grisham terakhir yang saya baca adalah Ford County. Novel yang diterbitkan pada tahun 2009 ini merupakan kumpulan cerita pendek pertama Grisham. Berisi tujuh cerita pendek yang mengambil lokasi di Ford County, Missisippi–setting yang menjadi latar novel A Time To Kill. Berbagai karakter menarik ditampilkan dalam Ford County, mulai dari para pemuda desa yang dungu, narapidana yang akan dieksekusi, hingga mata-mata panti jompo, kita ditarik dari satu kotak kisah ke kotak lainnya. Sebagian lucu, sebagian ironis, ada pula yang menyentuh. Sulit untuk menentukan mana kisah yang paling saya suka karena semuanya istimewa. Tapi kalau harus memilih, favorit saya adalah Anak yang Aneh, yang menceritakan tentang hari-hari terakhir seorang gay sekarat yang memutuskan untuk meninggal di kota tempat ia dilahirkan. Kisah yang kalau plotnya digambarkan dalam diagram akan berupa garis lurus horisontal dengan sedikit sekali gelombang tinggi, yet I still found it captivating. Kebijaksanaan para karakter di dalamnya adalah daya tarik utama dari cerita pendek yang satu ini.

Ford County Sangat cocok bagi yang ingin sejenak mengalihkan diri dari kesibukan dan benar-benar menghibur diri dengan kisah-kisah ringan tapi bukan kacangan. Sungguh saya makin kagum pada kepiawaian John Grisham dalam menulis sebuah cerita. Saya yang tadinya mengira Grisham tidak bisa lepas dari tema-tema hukum dalam menulis bukunya, harus menarik kembali anggapan tersebut. Well, memang masih ada sedikit sentuhan hukum dalam buku-buku yang saya tampilkan di sini, tapi porsinya tidak banyak dan cukup terselubung. Kira-kira bisa diibaratkan seperti seorang Ibu cerdik yang menyembunyikan sayuran dalam masakan supaya anaknya yang susah makan sayur mau makan. Hehehe… For those who still hesitate to read Grisham’s book because of the legal theme, I’d recommend the book as your first John GrishamHe is is in fact an incredible story teller.

Advertisements

42 Comments

  1. a painted house,novelnya keren,,dari sudut pandang bocah 10 thn,penggambarannya detail bnget,,karya sandra Brown jg bagus2

    Like

Got something to say?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s