Komik dan Dakwah?

Saya mendapatkan buku ini sebagai hadiah dari kawan-kawan tercinta saya Dani Rachmat, Dewi Puspasari, dan Dian Farida tahun lalu. Pertama kali melihat penampakannya, saya sudah langsung tertarik. Judulnya adalah 33 Pesan Nabi yang dicetak pada sampul buku yang berukuran sedikit lebih besar dari buku tulis, dengan ilustrasi komik yang cukup kocak. Buku apalah ini?

IMG_0225
ilustrasi komik

Berhubung bukunya tipis, maka supaya nggak cepet habis saya bacanya juga pelan-pelan. Nggak langsung baca isinya tapi mulai dari review pembaca sampai daftar isinya. Hehehe… Ternyata isinya adalah komik-komik pendek yang mengilustrasikan hadis-hadis Bukhari dan Muslim. Nggak nyangka sama sekali kan, hadis yang menjadi salah satu pedoman hidup kita bakal diilustrasikan melalui komik. Komik-komik pendek dengan gambar dan dialog yang lucu, begitu ringan dan mudah dipahami tanpa kesan menggurui tetapi sesungguhnya menyimpan banyak sindiran dan pelajaran bagi kita.

Saya jatuh cinta banget dengan buku yang ditulis oleh Vebi Surya Wibawa (a.k.a vbi_djenggotten) ini. Selain jalan cerita komiknya, saya juga kagum dengan gambarnya, bukan jenis komik-komik cantik tapi lebih ke komik-komik lucu. Teknik menggambarnya pun nggak monoton, sesekali si penulis menggambar TKP settingnya saja, kali lain lakonnya tampak seolah di-zoom in. Kadang rasanya lebih seperti nonton film ketimbang baca komik.

sampul
33 Pesan Nabi Vol. 2, Bo & Jo

Eniwei buswei, saking terkesannya saya dengan komik ini, saya senang sekali saat bisa menemukan salah dua diantaranya (seperti yang ada di foto samping) di book fair Kompas Gramedia akhir tahun lalu.

Bukan hanya menulis komik hadis, vbi_djenggotten juga menulis komik bertema lain. Bo & Jo (atau Married with Brondong) merupakan salah satunya. Komik yang saya masukkan secara paksa ke genre romance ini  saya pikir merupakan kisah vbi_djenggoten sendiri dan istrinya–Mira Rahman. Sebagaimana tertulis pada sampul bukunya–Bo & Jo, Kisah Ketika Suami Berusia Jauh Lebih Muda–menceritakan balada seorang wanita bernama Jo yang dipinang kemudiah menikah dengan brondong bernama Bo yang berusia 7 tahun lebih muda. Cerita perkenalan mereka, persiapan pernikahan, menghadapi omongan orang hingga suka duka setelah mereka menikah bisa dinikmati dalam komik 124 halaman ini. Menghibur tapi menyentuh, lucu sekaligus romantis.

Nggak rugi banget untuk membeli dan memiliki komik-komik ini. Saya sendiri sudah bertekad untuk mengoleksi semuanya, sayang belum kesampean karena stok di toko buku maupun di websitenya habis.

Advertisements

31 Comments

  1. yes! saya udah baca yang komik 33 pesan nabi 1 dan 3, yg komik 2 malah belum 🙂
    yg ke 3 lebih bikin mak jleb 😀

    Like

Got something to say?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s