Bekatul as Cleaning Agent

Ada yang tidak tahu bekatul itu apa? Menurut wikipedia, bekatul adalah bagian terluar dari bulir padi-padian yang diperoleh saat proses penumbukan. Saya kurang tahu bagaimana wujud aslinya, tapi di pasar swalayan kita bisa menemukannya dalam bentuk bubuk.

Kabarnya, bekatul ini sangat kaya akan vitamin B–kalau tidak salah pernah disebutkan di pelajaran IPA–dan serat. Well, saya bukan pengonsumsi bekatul rutin jadi belum bisa memberikan testimoni mengenai bagaimana manfaatnya bagi kesehatan. Tapi saya pernah iseng membeli bubuk bekatul–istilah kerennya rice bran–instan yang sudah dikemas dalam bentuk sachet dan diberi pemanis dan perasa pula (coklat dan jahe). Rasanya lumayan, cenderung tawar, teksturnya mirip oat encer.

Selain katanya bermanfaat bagi kesehatan, saya menemukan satu manfaat lain dari rice bran ini. Sebagai pembersih!
He-eh, jadi ceritanya setelah minum seduhan rice bran ini, saya nggak langsung mencuci cangkir yang saya pakai, tapi membiarkannya sampai keesokan pagi.

Pagi-pagi waktu mencuci cangkirnya, saya terkejut melihat bagian dalam cangkir saya yang sebelumnya penuh noda bekas minum teh/kopi ternyata hilang. Wow, pasti ini berkat bekatul.
Keesokan harinya saya coba di cangkir yang berbeda ternyata terbukti lagi. Hehehe, lumayan… Nggak perlu menyikat cangkir dengan kawat baja kuat-kuat, ternyata kemalasan saya ada gunanya juga 😀 *dikeplak berjamaah*.

So, this is the tea/coffee-stained cup before:

image

And this is the same cup after:

image

Posted from WordPress for Android

4 Comments

Got something to say?

