Perfection

Sebelumnya, nyumpah dulu ya. Deeeeemm…

Kenapa? Karena kemarin saya sudah menulis postingan ini susah payah pakai aplikasi WordPress for Android dan saya merasa susunan kata-kata dan runtutan artikelnya sudah sangat baik, hingga kemudian aplikasi ini memutuskan untuk hang dan draft yang ada jadi terhapus. Jadi sekali lagi, deeeeem…. *pardon my unladylike manner*

Oke, hari Sabtu yang biasanya diisi dengan bermalas-malasan di kos tidak berlaku minggu lalu, karena saya mulai memindahkan barang-barang dari kos lama ke kos baru. Yap, jadi ceritanya awal bulan ini saya  menemukan tempat kos baru yang cukup sesuai dengan kebutuhan.

Sudah hampir tiga tahun saya menetap di tempat kos yang ditinggali sekarang. Dalam kurun waktu selama itu sebenarnya sudah beberapa kali saya dan seorang teman mencari-cari tempat baru karena banyak alasan, diantaranya kamar yang ada saat ini sudah mulai sempit dengan makin bertambahnya barang-barang yang kami jejalkan ke dalamnya, penghuni lain kos yang kelakuannya aneh-aneh (hobi telepon dengan suara keras, sampai maling), sampai polusi suara akibat tetangga yang hobi bikin konser dangdut di depan rumah.

Tetapi ternyata sulit sekali untuk menemukan tempat kos yang sesuai dengan kriteria kami–yang memang patut diakui, cukup banyak :D. Kami ingin kos yang aliran udaranya bebas dan tidak pengap, bersih, lokasi strategis, cukup luas untuk menampung barang-barang yang ada, dan tentu saja harga sewanya tidak terlalu mencekik leher. Setelah beberapa kali pencarian di berbagai tempat, tidak ada yang memenuhi kriteria tersebut. Entah kamarnya kurang luas, pengap, terlalu banyak penghuninya, bangunannya lama sehingga terkesan angker, hingga harga yang kelewat mahal. Akhirnya kami pun menyerah dan memutuskan untuk berhenti mencari.

Hingga awal bulan ini, ada informasi kos kosong yang tidak terlalu jauh dari tempat kami sebelumnya. Begitu dilihat tempatnya, akhirnya kami setuju untuk pindah. Tempat baru ini sesuai sekali dengan kriteria kami: tidak pengap, tidak berisik, cukup luas, bahkan dilengkapi dengan kamar mandi dan dapur pribadi. Tak sabar lagi rasanya untuk segera pindah. Setelah lama mencari, rasanya puas sekali bisa menemukan kamar kos yang sempurna. Sempurna.

Begitu mulai memindahkan barang-barang, baru kami tahu bahwa kamarnya agak pengap, tangga naiknya juga cukup tinggi, lokasinya masih jadi satu dengan pemilik (rasanya jadi kurang leluasa :P), harga sewanya masih belum all in karena untuk barang elektronik tertentu kami harus menambah biaya, dan beberapa hal lainnya. Setelah dipikir berkali-kali, memang yang namanya sempurna itu (tampaknya) tidak ada, tidak akan pernah ditemukan. Untuk urusan sederhana macam mencari tempat kos saja sudah seperti ini, apalagi mencari pasangan hidup? #ups

But then again, kamar kos lama kami jauh dari sempurna. Sudah sempit, ribut, tukang bersih-bersihnya kurang rajin, penghuninya aneh-aneh, tapi toh lama-lama aku betah juga disana. Setelah seharian di kantor, tidak ada yang lebih nikmat selain pulang ke tempat kos sempit ini. In a lazy Saturday or Sunday afternoon, tidak ada yang terasa menyenangkan daripada berdiam di dalam kos sambil nonton film ditemani cemilan 😀

So, kesempurnaan itu (hampir) mustahil untuk dicari. I’m not saying it doesn’t exist, tapi selalu ada harga yang harus kita bayar untuk mendapatkannya, which IMO merupakan bagian dari ketidaksempurnaan itu. So, mungkin lebih sesuai kalau kubilang bahwa sempurna adalah hasil dari suatu proses menerima dan menyesuaikan diri. There’s no such thing as perfection, all we can do is make the most of what we have.

Posted from WordPress for Android

Advertisements

Got something to say?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s