What Would You Do?

Apa sih yang akan kita lakukan kalau kita dihadapkan pada situasi yang memaksa kita untuk memberikan gratifikasi atau “menyuap” seseorang?

Tak bisa dipungkiri, di Indonesia ini kita masih belum bisa bebas dari berbagai wujud dan rupa kolusi/korupsi. Kadang kala malah sudah kita anggap sebagai budaya–sesuatu yang wajar dan lumrah. Sad, isn’t it?

Beberapa bulan yang lewat, DJP bikin acara nobar film “Kita dan Korupsi” (K&K). IMO, film ini bagus sekali dan sangat menginspirasi, di luar sinematografinya yang unggul dan para aktor/aktris yang turut berperan di sana–pesan yang disampaikan cukup mengena. I don’t know apa dampaknya kalau koruptor kelas kakap menonton film ini, mungkin seperti badak digigit nyamuk: nggak terasa. Seharusnya KPK (kalau tidak salah instansi ini promotor utama K&K) gencar memutar film ini dimana-mana, khususnya di sekolah. Pengenalan sejak dini bisa jadi salah satu usaha preventif yang cukup manjur. Ibarat manusia dan penyakit, ini adalah imunisasi ketika masih bayi.

Oke, kembali pada pertanyaan pembuka. Apa sih yang akan kita lakukan? Misalnya, saat petugas di kelurahan minta tambahan uang sekadarnya untuk mempercepat penandatanganan berkas aplikasi KTP.
Dilema. Di satu pihak kita butuh jasa mereka tapi di lain pihak kita tidak bisa membiarkan hal ini berlangsung terus-menerus.

Butuh keberanian, keteguhan hati, dan kelapangan dada untuk menyikapinya (sori kalau pilihan kata dan bahasanya sudah seperti pelajaran PPKn). Keberanian, karena di kultur yang memaklumi korupsi/kolusi, sikap kita akan menciptakan gelombang di arus yang tenang. Keteguhan hati, karena kadang nilai uang yang kita keluarkan sebenarnya tidak seberapa, dan kita pun tergoda untuk menyerah.
Kelapangan dada, karena sikap yang kita ambil akan sedikit menyulitkan langkah kita. Bukan tak mungkin kita akan dicibir dan dicaci, urusan kita akan sedikit tersendat atau tidak mulus, dan sebagainya.

Bukan hal mudah untuk mengubah kebiasan. Tapi kita harus yakin bahwa sikap yang kita ambil–walaupun kecil dan remeh, akan membuat perbedaan…

Posted from WordPress for Android

Advertisements

Got something to say?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s