Another Mall?

Tak pelak lagi, kita menyaksikan perkembangan fungsi mal dari masa ke masa. Sebelumnya kita hanya tahu mal adalah tempat orang berbelanja, makan, atau berjalan2 melakukan window shopping.
Kemudian mal mulai menambahkan banyak outlet. Hingga kini terjadi pergeseran fungsi. Mal bukan hanya tempat berbelanja dan/atau makan, namun sudah menjadi sebuah pusat kegiatan, bahkan sebuah kota kecil. Mini town.

Bagaimana tidak, bukan hanya deretan pertokoan dan restoran. Kini kita bisa menemui salon, klinik kecantikan, apotek, tempat ibadah, kantor perwakilan kepolisian & kecamatan, bank… Almost anything–just name it and you’ll find it. Bahkan pameran kerajinan tangan, lukisan & fotografi, event seperti talkshow & lomba menyanyi anak-anak… All is here. And the list is keep going & going.

Kalau mau dilihat lebih jauh, kita punya gedung kesenian, gedung pertemuan, bank, kantor polisi, dan seterusnya. Lantas mengapa semuanya tergantikan oleh mal?
Salahsatu alasannya IMO adalah kemudahan akses dan ketersediaan waktu. Warga sudah enggan untuk membuka rekening di bank cabang yang jauh dari rumah atau kantornya, warga tidak punya waktu untuk memperpanjang SIM atau membayar pajak kendaraan di kantor kepolisian di hari kerja. Gedung kesenian sudah tidak terawat dan sulit diakses dengan kendaraan umum. Hmmm, nenek ingin manicure sepulang dari gereja, lalu berbelanja sayuran. Daripada jauh2 buang bensin, buang waktu, capai di jalan… Hey, everything is provided in a mall.
Bebas polusi, tidak perlu jalan jauh, pemandangan cukup menyenangkan, segala ada pula.
Tak heran, bisnis mal menjamur. Seolah-olah kota ini belum punya cukup mal, masih saja dilakukan pembangunan mal baru.

Okay, ini postingan yang lumayan serius 😀

Advertisements

One Comment

Got something to say?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s